.quickedit{display:none;}
Powered By Blogger

Sabtu, 20 Desember 2014

HARI PERTAMA DAN KETIGA MENGAJAR PAUD OLEH EDUARDUS SUCIAWAN

Nama : Eduardus Suciawan
NIM : 1801390290
Kelas : LA34
Jurusan : DKV - Creative Advertising

Hari Pertama
Hari/tanggal : Senin, 24 November 2014
Pada hari pertama saya mengajar saya berkumpul bersama kelompok saya di Binus University kampus syahdan pada pukul 07.00 dan berangkat menuju PAUD BPKB Kebon Jeruk tiba pada pukul 07.30. Ketika sampai di sana kami bertemu dengan guru dan kepala sekolah PAUD BPKB dan meminta izin untuk mengajar anak anak di sana. Setelah meminta izin saya dan kelompok dibagi untuk mengajar di kelas yang berbeda. Saya mendapat kesempatan mengajar di kelas B, dimana anak anak di kelas ini sudah lebih besar dari kelas A. Saya sangat senang karena ketika saya masuk ke kelas anak anak di sana menyapa saya dengan sangat sopan. Mereka menyalim tangan saya dan mereka terlihat sangat senang dan bersemangat atas kedatangan saya. Membuat saya untuk bersemangat pula mengajar mereka. Kegiatan pertama kami, anak anak mengikuti pelajaran yang diberikan dari guru guru mereka. Pembelajaran yang diberikan adalah menulis huruf dan angka. Setelah tugas mereka telah selesai dan telah di kumpul saya memulai mengajar mereka. Pembelajaran yang saya berikan adalah pengenalan gambar dan mewarnainya. Gambar yang telah saya bawa adalah gambar burung kakak tua. Sebelum membagikannya kepada mereka untuk diwarnai saya menanyakan beberapa pertanyaan kepada mereka. Seperti menanyakan "hewan apakah ini?" "berapa mata yang dia punya", dll. Mereka semua sepertinya sudah lebih mengenal mengenai hewan kakak tua ini. Setelah bertanya saya mulai membagikan kertas gambar burung kakak tua ini kepada anak anak untuk mulai diwarnai. Selama proses mewarnai saya pun turut berbincang bincang dan mengobrol dengan anak anak di sana. Saya bertanya siapa nama mereka, dimana mereka tinggal, apa cita cita mereka, dll. Mereka ada yang bercita cita menjadi polisi, dokter, pilot, dll. Saya sangat senang mendengar segala mimpi mereka dan semangat mereka untuk bisa mewujudkannya. Selama mewarnai saya juga mengamati hasil sementara gambar mereka. Sebagian besar anak perempuan dapat mewarnai dengan rapi. Anak laki-laki belum bisa mewarnai serapi anak perempuan. Banyak anak laki laki mewarnai nya dengan asal dan buru buru. Setelah selesai mereka mengumpulkan hasil mewarnai mereka kepada saya untuk saya nilai. Setelah dikumpul sudah waktunya mereka untuk makan siang. Makan siang di awali dengan cuci tangan kemudian berdoa makan. Setelah berdoa baru mereka makan makanan yang sudah mereka bawa. Sembari mereka makan saya pun juga menilai hasil dari mewarnai mereka. Setelah mereka selesai makan dan sayapun juga telah selesai menilai, saya dan anak anak bermain di lapangan. Saya bermain bola dengan anak laki-laki, dan anak perempuan bermain kejar-kejaran dengan sebagian anak laki-laki. Setelah bermain guru guru memanggil anak anak untuk kembali masuk ke kelas dan mulai menjelas kan mengenai tugas yang sudah mereka kerjakan tadi dan tugas berikutnya. Setelah guru menjelaskan mereka bersama dengan guru berdoa untuk pulang. Setelah berdoa saya mulai membagikan hasil mewarnai mereka. Ada dari mereka yang kecewa tidak mendapat A. Tetapi saya menyemangati mereka untuk terus belajar sehingga dapat mencapai nilai yang mereka inginkan. Setelah membagikan hasil mewarnai mereka akhirnya mereka bersalim an dengan guru dan saya kemudian mereka pulang.
Kegiatan :
- Menulis huruf dan angka
- Pengenalan gambar hewan
- Pengelanan warna
- Belajar bercuci tangan yang baik dan benar
- Berdoa makan
- Makan siang
- Bermain
- Berdoa pulang



Hari Ketiga
Hari/tanggal : Rabu, 26 November 2014
Pada hari ketiga mengajar sama seperti pada hari pertama saya dan kelompok berkumpul di Binus University kampus syahdan pada pukul 07.00 dan berangkat menuju PAUD BPKB tiba pada pukul 07.30. Sesampai di sana anak anak sedang beraktivitas berolah raga. Ada yang sedang tarik tambang, dsb. Ketika kami datang mereka kembali menyapa kami, menyalim tangan kami dan terlihat sangat bersemangat menyambut kami. Setelah itu kami dan guru guru mulai menertibkan mereka untuk baris dengan rapi karena kami sudah ingin memulai aktivitas pertama kami yaitu meniup balon dan pengenalan warna pada balon. Setelah kami menyiapkan balon yang ada, kami mulai membagikan kepada anak-anak. Tetapi sebelum membagikannya kami menanyakan satu-satu kepada anak-anak di sana mengenai warna balon yang akan kami bagikan. Siapa yang dapat menjawab makan akan kami bagikan balon. Banyak dari mereka yang sudah mengerti mengenai warna. Tetapi ada juga dari mereka yang belum mengenal warna. Sehingga kami membantu untuk dapat mengenal warna lebih dalam. Setelah seluruh anak telah mendapat balon kami mulai meniupkannya. Banyak dari anak-anak yang belum bisa meniup balon sehingga meminta tolong kami untuk meniupkannya. Tetapi ada juga yang telah bisa meniup balon sendiri bahkan sampai meniupkan balon temannya. Setelah kegiatan meniup balon telah selesai. Anak-anak kembali ke kelas mereka masing-masing. Dan kegiatan kelas saya selanjutnya ialah mengecat. Seperti biasa sebelum pelajaran dimulai bu guru mulai membukanya dengan berdoa. Setelah berdoa barulah pelajaran dimulai. Bahan yang akan digunakan untuk mengecat adalah cat kayu. Cat kayu dengan beberapa warna di tuangkan pada nampan yang berisi air lalu kertas di celupkan pada nampan tersembut dan di angkat. Seperti itulah cara kerjanya. Tiap anak mendapat gilirannya untuk mencelupkan kertas mereka dibantu dengan saya dan bu guru. Setelah selesai mengecat anak anak diminta untuk mencuci tangan karena setelah ini sudah waktunya untuk makan siang. Setelah mencuci tangan mereka mengambil makanan yang telah disiapkan oleh sekolah. Setelah itu bu guru memimpin mereka untuk berdoa makan, setelah berdoa mereka makan. Setelah makan anak anak diminta untuk membereskan piring mereka dan kembali bercuci tangan. Setelah bercuci tangan anak anak kembali ke kelas dan mendengarkan guru mengenai tugas mereka untuk besok. Setelah mendengarkan guru, bu guru memimpin mereka untuk berdoa pulang. Setelah berdoa akhirnya mereka pulang.
Kegiatan :
- Olah raga
- Bermain tarik tambang
- Pengenalan warna pada balon
- Meniup balon
- Doa sebelum belajar
- Mengecat
- Bercuci tangan yang baik dan benar
- Doa makan
- Makan siang
- Doa pulang











NILAI PANCASILA YANG SAYA DAPAT DARI KEGIATAN INI :
Nilai-nilai pancasila yang saya dapat dari kegiatan mengajar PAUD ini adalah nilai pancasila sila pertama dimana saya menghormati mereka yang berbeda keyakinan dengan saya, mereka berdoa dengan keyakinan mereka sendiri sayapun ikut berdoa pula dengan keyakinan saya. Dan sila ketiga dimana saya belajar untuk bersosialisasi dengan orang lain, belajar untuk mau membantu orang lain, belajar untuk mau peduli dengan sesama saya, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar